Contoh Proposal Sponsorship, Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Proposal
Pengertian Proposal
Contoh Proposal
Jenis, Tujuan dan Fungsi Penulisan Proposal
Proposal Penelitian adalah sebuah karya ilmiah bertujuan mengusulkan sebuah capaian hipotesis agar dapat diteliti lebih jauh menghasilkan sebuah kesimpulan yang benar. Fungsi dari proposal penelitian adalah untuk menjelaskan rencana penelitian, memberikan gambaran penelitian, serta sarana yang akan dibutuhkan selama penelitian demi mendapatkan persetujuan dan dukungan.
Proposal Proyek adalah uraian rancangan proyek yang tertulis secara sistematis dalam bentuk dokumen oleh seseorang atau sekelompok perencana proyek yang ditujukan / diserahkan untuk mendapatkan persetujuan dari pemangku kepentingan / klien/ pemegang proyek. Biasanya proposal tersebut akan dilakukan pitching / dipresentasikan agar semakin meyakinkan klien. Kelayakan suatu proyek merupakan kriteria penunjang dalam proposal proyek. Proposal proyek berfungsi sebagai gambaran awal bagaimana sebuah proyek akan dilaksanakan.
Proposal Kegiatan adalah detail rancangan kegiatan dalam bentuk dokumen untuk disampaikan kepada orang atau kelompok tertentu yang ingin dimintai dukungan. Proposal kegiatan dibuat untuk meringankan beban biaya dalam rangka terselenggaranya suatu kegiatan sampai sukses.
Struktur Penulisan Proposal
Proposal Penelitian
Bagian Cover :
- Judul Penelitian
- Nama dan informasi tentang Peneliti
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Pendahuluan
- Latar Belakang
- Perumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Sasaran / Batasan Penelitian
- Tinjauan Pustaka
- Perumusan Hipotesis Penelitian
- Kerangka Berpikir
Isi
- Pendekatan Penelitian
- Variabel dan Indikator
- Populasi dan Sampel
- Teknik Pengumpulan Data
- Analisis Data
- Subjek Data
- Instrumen dan Tahapan Penelitian
- Jadwal Pelaksanaan Penelitian
Penutup
- Kesimpulan
- Saran
Daftar Pustaka
Proposal Proyek
Proposal Kegiatan
Proposal Sponsorship
- Tentukan kepada siapa proposal sponsorship tersebut akan dituju. Hal ini sangat penting terhadap penggunaan bahasa dalam proposal serta tujuan yang akan disampaikan. Jika proposal hanya ditujukan kepada seseorang maka desain proposal tidak akan mencantumkan sistem kerja sama. Sebaliknya, untuk proposal sponsorship yang ditujukan kepada sebuah perusahan, maka dibuatlah juga sistem kerja sama yang akan terjalin guna untuk keberhasilan proposal tersebut.
- Dalam menunjang poin di atas tentunya harus menggunakan bahasa yang jelas, yang tidak bertele-tele.
- Kreatif memilih diksi dalam menonjolkan keunggulan kegiatan / acara. Seperti penggunaan bahasa periklanan yang dapat menarik minat banyak orang. Dalam hal ini, pastikan calon sponsor setelah membaca proposal sponsorship seolah-oleh memiliki perasaan dan pemikiran yang sama dengan kita sebagai event creator bahwa acara tersebut adalah sebuah keharusan.
- Dari point ke tiga sangat jelas menerangkan bahwa dalam menggaet sponsor, sebagai event creator harus menerangkan tujuan yang jelas pengadaan acara tersebut, bahwa acara tersebut bermanfaat dan perlu dilaksanakan.
No comments: