Contoh Proposal Sponsorship, Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Proposal

Pengertian Proposal

Proposal adalah rencana yang dirancangkan secara sistematis dan diusul dalam bentuk dokumen untuk sebuah persetujuan atau dukungan. Proposal merupakan struktur agenda kerja tertulis sebagai acuan pelaksanaan kegiatan / pekerjaan. Jadi, agar rencana kegiatan dapat disetujui atau mendapat dukungan, pembuatan proposal harus jelas dan detail.

Contoh Proposal

Apa yang harus ada dalam proposal sponsorship? Untuk mengetahui secara detail apa itu proposal sponsorship dan contohnya silahkan pilih salah satu link di bawah ini untuk download:




Contoh Proposal Mengikuti Turnamen


Jenis, Tujuan dan Fungsi Penulisan Proposal

Adapun yang menjadi tujuan penulisan proposal adalah untuk menyampaikan, memberikan penjelasan, memberikan rincian kegiatan kepada pihak-pihak terkait demi meyakinkan pihak donatur tersebut dalam memberikan dukungannya terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan.

Apa saja jenis dan fungsi proposal? Berikut adalah fungsi penulisan proposal sesuai jenisnya:

Proposal Penelitian adalah sebuah karya ilmiah bertujuan mengusulkan sebuah capaian hipotesis agar dapat diteliti lebih jauh menghasilkan sebuah kesimpulan yang benar. Fungsi dari proposal penelitian adalah untuk menjelaskan rencana penelitian, memberikan gambaran penelitian, serta sarana yang akan dibutuhkan selama penelitian demi mendapatkan persetujuan dan dukungan.


Proposal Proyek adalah uraian rancangan proyek yang tertulis secara sistematis dalam bentuk dokumen oleh seseorang atau sekelompok perencana proyek yang ditujukan / diserahkan untuk mendapatkan persetujuan dari pemangku kepentingan / klien/ pemegang proyek. Biasanya proposal tersebut akan dilakukan pitching / dipresentasikan agar semakin meyakinkan klien. Kelayakan suatu proyek merupakan kriteria penunjang dalam proposal proyek. Proposal proyek berfungsi sebagai gambaran awal bagaimana sebuah proyek akan dilaksanakan.

Proposal Kegiatan adalah detail rancangan kegiatan dalam bentuk dokumen untuk disampaikan kepada orang atau kelompok tertentu yang ingin dimintai dukungan. Proposal kegiatan dibuat untuk meringankan beban biaya dalam rangka terselenggaranya suatu kegiatan sampai sukses.


Struktur Penulisan Proposal

Proposal Penelitian

Bagian Cover :

  • Judul Penelitian
  • Nama dan informasi tentang Peneliti
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Perumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Sasaran / Batasan Penelitian
  • Tinjauan Pustaka
  • Perumusan Hipotesis Penelitian
  • Kerangka Berpikir

Isi

  • Pendekatan Penelitian
  • Variabel dan Indikator
  • Populasi dan Sampel
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Analisis Data
  • Subjek Data
  • Instrumen dan Tahapan Penelitian
  • Jadwal Pelaksanaan Penelitian

Penutup

  • Kesimpulan
  • Saran

Daftar Pustaka



Proposal Proyek

Judul Proyek
Disclaimer: berisikan peringatan kerahasiaan terkait isi proposal proyek
Detail Publikasi: tujuan proposal, sasaran audiens, riwayat perubahan dokumen, bukti keabsahan dokumen
Pendahuluan
Tinjauan Kebutuhan
Solusi yang diajukan
Uraian Pekerjaan: sasaran dan tujuan, batasan dan ruang lingkup, serta fase-fase pekerjaan
Rencana Pelaksanaan
Investasi: estimasi biaya sesuai kebutuhan proyek
Penutup


Proposal Kegiatan

Tema Kegiatan
Bagian Isi: Latar belakang, Tujuan, Nama dan Tema Kegiatan, Bentuk Kegiatan, Sasaran dan Target Kegiatan, Waktu dan tempat kegiatan, Rencana anggaran, Penutup

Lampiran: Susunan panitia, Rincian acara, Rincian anggaran


Proposal Sponsorship

Problem terbesar dalam menyelenggarakan acara adalah pembiayaan / pendanaan acara. Lalu apa solusinya? Yang paling sering dilakukan adalah dengan meminta bantuan sponsor guna untuk meringankan beban anggaran belanja acara. Dengan demikian kita terpaksa untuk mampu membuat sebuah proposal sponsorship. Dalam menarik perhatian sponsor tentunya butuh sebuah desain proposal yang bagus. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun proposal sponsorship

  • Tentukan kepada siapa proposal sponsorship tersebut akan dituju. Hal ini sangat penting terhadap penggunaan bahasa dalam proposal serta tujuan yang akan disampaikan. Jika proposal hanya ditujukan kepada seseorang maka desain proposal tidak akan mencantumkan sistem kerja sama. Sebaliknya, untuk proposal sponsorship yang ditujukan kepada sebuah perusahan, maka dibuatlah juga sistem kerja sama yang akan terjalin guna untuk keberhasilan proposal tersebut.
  • Dalam menunjang poin di atas tentunya harus menggunakan bahasa yang jelas, yang tidak bertele-tele.
  • Kreatif memilih diksi dalam menonjolkan keunggulan kegiatan / acara. Seperti penggunaan bahasa periklanan yang dapat menarik minat banyak orang. Dalam hal ini, pastikan calon sponsor setelah membaca proposal sponsorship seolah-oleh memiliki perasaan dan pemikiran yang sama dengan kita sebagai event creator bahwa acara tersebut adalah sebuah keharusan.
  • Dari point ke tiga sangat jelas menerangkan bahwa dalam menggaet sponsor, sebagai event creator harus menerangkan tujuan yang jelas pengadaan acara tersebut, bahwa acara tersebut bermanfaat dan perlu dilaksanakan.

No comments:

Post a Comment