BLOGGER; MENGUBAH NASIB DENGAN MENYAPA DUNIA

Episode: 4

Mengenal Blog Lebih Dekat



Ingin memulai ngeblog? ....seharusnya dengan mengenal blog terlebih dahulu. Barangkali setelah itu barulah menuju langkah yang berikutnya yaitu membangun blog. Mengenal blog terlebih dahulu sangatlah penting yaitu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cerita dalam episode-episode sebelumnya.

Blog adalah sebuah aplikasi web berisi tulisan-tulisan yang merupakan hasil pemikiran, imajinasi, pengamatan, dan perasaan seseorang. Singkatnya, blog adalah  diary yang dipublikasikan .

Mungkin seringkali anda membaca artikel teman atau saudara anda di google, atau seringkali anda melihat status mereka di media sosial berisi ajakan  untuk mengunjungi blognya dan di bawahnya  mereka selipin artikelnya.


Pernahkah hati kecil anda menghadirkan tanya tentang alasan mereka melakukan semua itu? Bagaimana melakukan seperti apa yang mereka lakukan? 

Mudah sekali sebenarnya jika anda memiliki keinginan yang kuat dan berkomitmen dengan keinginan tersebut.


Sebelum lanjut, coba baca dulu:

Nadus @13750

Hiruk pikuknya dunia adalah kilas balik dari sebuah keinginan hidup yang lebih baik. Bekerja tentunya ingin mendapatkan penghasilan, berdoa dengan harapan mendapatkan perlindungan, dan sebagai pelajar tentunya belajar adalah satu-satunya jalan memperoleh kesuksesan. Namun ada yang berbeda. Seseorang di kompleks 13750 disana, seseorang yang sebagian tubuhnya selalu terlihat di pintu rumahnya. Yaa, dia, mahasiswa semester 7 di salah satu universitas di Jakarta yang selalu menyapaku dengan hitaman kopi di ciutan pipi kirinya. 
             Aku         : Nadus??
             Nadus      : A- - -a_ -aaa-adaa  rokz kah sibon??
             Aku         : Aiiisssshhtttt..... kosong.
             Nadus      : Hadeeehhhhhhhhh... hancur dunia sudah, anda buat saya tambah kecewa sibon
             Aku         : Kapan ujian Nadus?
             Nadus      : Ha...aA-a_aaaa....
             Aku         : (mukul pundak nadus)
             Nadus      : aa..Haciiiih (bersin)... lagi pusing saya
             Aku         : Si Nadus bisa pusing juga nih
             Nadus      : Status yang bagus gimana sibon???
             Aku         : HaaaAaaaa.... (ooh, keheranan)
Yaa itulah percakapanku dengannya di hari sebelum Nadus mengikuti ujian akhir semesternya.
             




Berikut adalah beberapa manfaat ngeblog/blogging bagi pemula:

Ngeblog adalah Belajar 

(Sangat direkomendasikan bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah)
Belajar yang baik adalah membaca, kemudian memahami lalu berusaha mengingat. Namun seringkali kita berkesulitan dalam hal memahami dan mengingat apa yang baru saja kita pelajari, apalagi di saat anda sedang dalam sistem kebut semalam alias belajar di malam menjelang ujian.

Jangan khawatir sob sebab saya juga pernah mengalami hal demikian.
Pengalaman saya di beberapa ujian terakhir di bangku kuliah yaitu belajar dengan cara ngeblog. Belajar dengan ngeblog itu gimana sih?

Pertama-tama tentu anda mengingat atau mungkin melihat kembali apa saja materi yang sudah anda dapatkan selama satu semester belakangan, kemudian anda membaca salah satu sub materi pelajarannya, misalnya anda mau baca tentang 'Pengertian Shock Culture'.

Setelah membaca coba anda cari 'Pengertian Shock Culture' di google dengan sumber yang berbeda dengan yang di buku anda, usahakan baca lebih dari satu artikel yang membahas tentang pengertian shock culture di sana.

Setelah itu coba anda bandingkan pengertiannya setiap sumber, kemudian mulai untuk menyimpulkan dengan menulis pengertian dengan kata-kata sendiri.

Lakukan hal yang demikian pada sub materi yang anda mau pelajari berikutnya, dan setelah semuanya anda bisa merangkumnya dengan mulai menulis di post baru di blog anda.

Jika anda lakukan langkah-langkah tersebut di atas, yaaa siap-siap aja deh dapat hasil yang memuaskan. Ga percaya? Coba baca artikel ini ....... 

Menambah Wawasan

Dalam menulis sebuah artikel tentunya tidak asal menulis dan juga bukan sekedar copy paste saja. Dalam menulis artikel baru, seorang blogger harus menguasai materi apa yang akan ditulis; menguasai tentunya hal yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan informasi yang diperoleh dengan membaca sebanyak mungkin.

Dengan membaca banyak maka dengan sendirinya wawasan kita terupdate deh sob...

Lalu bagaimana dengan mereka yang menulis tentang hasil pengamatannya atau menulis apa yang dia rasakan? Apakah perlu membaca lagi?

Ya, jelas sob... Apa yang harus dia baca? Salah satu kriteria sebuah tulisan yang baik adalah yaitu tepat dalam memilih kata, dalam hal ini mereka harus membaca kamus wikipedia, dll.....


Update Status

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketergantungan kita pada media sosial di saat ini sangatlah tinggi. Bentar-bentar febi.... alias FB/facebook.....  tangan satu suapin pacar eee-Eeenddd tangan satunya lagi ngetweet...... #eEh jangan mikir yang aneh-aneh dulu sob....

Tapi percaya gak kalo masih banyak di sekeliling kita yang dengan segelas kopi di tangannya tapi bingung mikirin status? mau update status, kadang udah ngetik panjaaaaang bangettttt - eh dari belakang satu per satu hurufnya perlahan hilang...

Banyak sob, saya sendiri pernah mengalami masalah yang serupa, tapiiii teman-teman saya juga sering alamin hal yang serupa, ada yang sempat stresss.... ada juga yang sampe lelah mikirin hingga akhirnya batal deh update statusnya hahahahhahaha... Eiiiiiiiiitttttsssssssssszzz jangan tersinggung bagi yang pernah.

Dengan membaca banyak (istilahnya make up your knowledge) tentunya point yang kedua di atas akan terpenhi hingga point yang ketiga ini alias update status juga ga bakal pusing tujuh keliling lagi.

Yang terpenting jangan menjadi bagian dari Nadus seperti dalam cerita di atas. 
Jika kebiasaan anda selama ini adalah update status di media sosial, cobalah beranjak satu langkah dari kebiasaan tersebut karena update status di blog terkesan lebih menantang.


Menjadi Penulis

Jika anda adalah salah satu diantara mereka yang bercita-cita menjadi seorang penulis, maka blog adalah wadah bagi anda untuk merealisasikan cita-cita anda. Dengan ngeblog di hari ini berarti anda siap memulai untuk menulis yang dimana tingkat kemampuan menulis anda nantinya bisa dilihat dengan jumlah pamirsa blog anda.

Tapi perlu anda ingat bahwa menjadi seorang penulis yang hebat bukan dengan setiap hari menulis, namun seorang penulis yang baik adalah pembaca yang rajin. Selain rajin membaca, peka terhadap fenomena-fenomena di sekitar anda dan juga menjadi pendengar yang baik adalah hal yang harus anda tumbuh kembangkan.


Itulah beberapa manfaat dari ngeblog di episode kali ini sob, nantikan manfaat dan tips berikutnya juga di episode yang akan datang..



Episode:  1      2       3